Single Blog Title

This is a single blog caption
11 Sep 2019

SEDAP (Software for Earth-tide DAta Processing)

SEDAP (Software for Earth-tide DAta Processing) merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menghitung koreksi tidal gravity sebagai akibat dari keberadaan matahari dan bulan[1]. SEDAP pertamakali diluncurkan pada tahun 2016, menggunakan formula yang diturunkan oleh Longman pada publikasi di tahun 1959[2] dalam penghitungan koreksinya. Aplikasi ini di desain dalam bentuk yang sederhana dan ringan dengan tujuan agar mudah digunakan pada saat kegiatan akuisisi di lapangan, sehingga SEDAP dapat digunakan sebagai aplikasi untuk pengolahan data cepat untuk melihat kualitas dari data pengukuran gravimeter relatif.

 

 

Pada kegiatannya, KK GTE acapkali melakukan analisa dan koreksi data serta membuat pemodelan bawah permukaan. Kegiatan tersebut hampir selalu dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak berbayar yang dibeli dari pihak luar. Karena sifatnya yang berbayar, terkadang menyebabkan kendala ketika perangkat lunak yang di gunakan akan kadaluarsa. Perpanjangan lisensi perangkat lunak terkadang memakan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit, sedangkan pekerjaan pengolahan data harus terus berjalan. Kendala seperti ini cukup menghambat kegiatan yang dilakukan. Di lain hal, ketergantungan pada perangkat lunak berbayar ini tidak hanya dialami oleh pada peneliti maupun dosen, para mahasiswa juga mengalami hal tersebut. Pada kegiatan penelitian maupun pengerjaan tugas akhir, para mahasiswa seringkali mengalami kesulitan untuk mengakses perangkat lunak yang dibutuhkan karena mereka harus datang ke kampus/laboratorium. Hal ini harus dilakukan oleh mereka karena masalah lisensi. Harga perangkat lunak yang digunakan pada pengolahan data geofisika umumnya cukup mahal, yang tidak mungkin dijangkau oleh sebagian besar mahasiswa.

 

Melihat permasalahan yang sudah dipaparkan diatas, kami merasa perlu mencari solusi. Salah satu solusi yang mungkin dilakukan adalah dengan membuat perangkat lunak mandiri yang bisa digunakan secara terbatas oleh para peneliti/dosen dan mahasiswa di lingkungan Institut Teknologi Bandung. Merujuk pada visi ITB untuk menjadi PT yang unggul, bermartabat, mandiri dan diakui dunia, kegiatan ini bisa dikembangkan lebih lanjut dengan menyebarkan produk perangkat lunak yang dibuat kepada universitas-universitas maupun institusi lain baik di dalam maupun di luar negeri.

 

Proses pengembangan perangkat lunak dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, bagian yang dikembangkan adalah pengembangan perangkat lunak mandiri untuk perhitungan koreksi tidal pada pemodelan gaya berat. Dari penelitian yang kami lakukan, efek dari perubahan objek densitas bawah permukaan selang-waktu yang diukur menggunakan alat gravimeter adalah sekitar ±100-400 µgal. Sedangkan efek dari kesalahan yang diakibatkan oleh benda-benda langit (tidal) adalah sebesar ±100 µgal. Dari data tersebut terlihat bahwa efek error tidal memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap hasil pengukuran. Kesalahan sebesar ini harus ditangani dengan sangat baik guna mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Berbagai pendekatan terus dilakukan, salah satu diataranya adalah penelitian yang dilakukan oleh Longman. Pendekatan inilah yang akan diformulasikan dan dikembangkan sesuai kebutuhan untuk dijadikan sebuah perangkat lunak yang kami beri nama SEDAP.

 

Silahkan mengunjungi SEDAP download page untuk mengunduh program ini.

 

Referensi:

  1. Wahyudi, E.J., Gunawan, I., Hidayat, M., dan Lestari, P.S., Perhitungan Koreksi Tidal dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Scilab untuk Pengolahan Awal Data Gravimeter Relatif, Prosiding SNIPS 2018, SNIPS03, 2019.
  2. Longman, I. M. Formulas for computing the tidal accelerations due to the Moon and the Sun, Journal of Geophysical Research, 64, 2351-235