Single Blog Title

This is a single blog caption
Mahasiswa S2 Teknik Pertambangan slenggarakan ekskursi ke terowongan tol Cisumdawu
20 Jan 2020

Pascasarjana Rekayasa Pertambangan selenggarakan kunjungan lapangan ke proyek terowongan tol Cisumdawu

Jum’at, 17 Januari 2020 – Proyek tol Cisumdawu merupakan jalan tol yang memiliki terowongan terpanjang di Indonesia, yaitu dengan panjang 472 meter yang menembus bukit.Terowongan ini berada di seksi dua Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Demi menunjang salah satu matakuliah yang ada, maka para mahasiswa pascasarjana Rekayasa Pertambangan – bidang khusus geomekanik FTTM ITB berinisiatif untuk mengadakan kunjungan lapangan ke terowongan tol Cisumdawu dengan didampingi para dosen.

Kegiatan kunjungan lapangan ini dimulai dari keberangkatan para peserta dari jl. Ganesa sekitar pukul 7 pagi, dan sampai dilokasi tol Cisumdawu sekitar pukul 9, kegiatan ini dilakukan langsung di depan mulut terowongan cisumdawu. Acara dimulai dengan penyampaian safety induction oleh Pak Pras yang dilanjutkan dengan sambutan dari pak Yusrizal Kurniawan selaku Kepala Satker Tol Cisumdawu dan dilanjutkan sambutan dari pihak FTTM ITB yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Prof.Ir. Ridho Kresna Wattimena MT,Ph.D.

Pada kunjungan lapangan kali ini para mahasiswa pascasarjana mendapatkan penjelasan seputar karakteristik & jenis tanah di area bukit yang akan dijadikan terowongan, menentukan tipe-tipe support, safety dalam proses pengerjaan, proses kontruksi dan masih banyak lagi. Para mahasiswa juga sangat aktif dalam sesi tanya jawab, berbagai pertanyaan dilontarkan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih jauh yang mungkin tidak didapatkan selama proses perkuliahan.

Selain mendapatkan penjelasan dari pihak satker Cisumdawu, perserta juga diajak untuk melihat langsung kondisi salah satu sisi terowongan, peserta menyusuri terowongan sepanjang 472 sembari diberikan penjelasan secara langsung dan juga dapat berdiskusi terkait kondisi terowongan yang sudah rampung pengerjaanya sebelum tahun 2020.