Bidang Penelitian

Penelitian Kerja Sama & Publikasi / Bidang Penelitian
Bidang Penelitian

KK Eksplorasi Sumberdaya Bumi melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang : eksplorasi mineral, batubara, airtanah, panasbumi, pemodelan dan estimasi sumberdaya dan cadangan mineral dan batubara, serta analisis lingkungan pertambangan. Program utama sesuai roadmap bidang penelitian KK-ESDB untuk tahun 2016 adalah pengembangan topik penelitian terpadu yang mencakup genetik model endapan mineral, endapan bahan organik, airtanah, dan geotermal yang ditekankan pada pengelolaan penemuan bentuk-bentuk sumber energi konvensional maupun non-konvensional dan baru serta terbarukan. Untuk mencapai tujuan dari program utama tersebut telah dilaksanakan beberapa kegiatan utama pada tahun 2016 yang mencakup pengembangan topik penelitian di bidang mineral, geostatistik, energi non-konvensional (oil shale), karakterisasi batubara untuk underground coal gasification, dan geotermal.

 

KK Teknik Pertambangan memiliki roadmap penelitian dari tahun 2016 sampai 2020 dengan program besar operasi tambang terbuka dan bawah tanah yang aman, berwawasan lingkungan dan memberikan manfaat optimal. Program penelitian besar tersebut akan dicapai dengan adanya kolaborasi antar sub-bidang KK yang ada di KK Teknik Pertambangan, yaitu : Geomekanika dan Teknologi Penambangan, Lingkungan Pertambangan, Kebijakan dan Ekonomi Mineral dan Batubara.

 

Penelitian yang telah dan saat ini sedang berlangsung di KK Teknik Metalurgi meliputi bioflotasi, up-grading batubara peringkat rendah, pemanfaatan mineral industri terutama zeolit, rekayasa sistem oksida maju, hidrometalurgi dan bio-hidrometalurgi bijih nikel, tembaga, emas dan timah, ekstraksi besi dari bijih leterit dan pasir besi, ekstraksi logam tanah jarang, rekayasa baja kekuatan tinggi, paduan logam atimikroba dan kegunaan medis serta paduan logam untuk aplikasi temperatur tinggi (superalloy), korosi dan  coating.

 

KK Teknik Reservoir berperan dalam mengembangkan metode peningkatan perolehan di migas (EOR, CBM dan nonconventional hidrokarbon) dan geotermal.