Untuk Alumni

Data Terpadu / Untuk Alumni
Peran Serta Alumni

Sumbangan Dana

Alumni dan tempat alumni bekerja telah memberikan bantuan / sumbangan dana untuk berbagai kegiatan mahasiswa, seperti :

  • Biaya penyelenggaraan kegiatan guest lecture untuk mahasiswa yang berkaitan dengan bidang keprofesian (konsumsi, sertifikat bagi mahasiswa, dll selain menjadi instruktur dalam kegiatan kuliah tamu yg diadakan)
  • Biaya untuk mahasiswa yang akan ikut konferensi internasional dengan topik yang berkaitan dengan bidang keprofesian
  • Biaya untuk kegiatan kompetisi keprofesian (IUGC/Indonesian Undergraduate Geophysics Competition)

Sumbangan Fasilitas

Selain bantuan berupa uang, bantuan juga diberikan berupa faslitas/peralatan yang dapat digunakan untuk pengembangan laboratorium (pemberian hardware/lisensi software) :

  • Alumni telah memberikan sumbangan kursi kuliah merk LUFO L-150C, jasa perbaikan Ruang Seminar dan Ruang Sidang Program Studi Teknik Pertambangan FTTM ITB, jasa perbaikan interior Ruang Seminar Eksekutif Prodi TM, Jasa Pembangunan Mesin Lift (Merk KONE, kapasitas 8 orang, untuk 5 lantai, pada Prodi Teknik Pertambangan dan Teknik Metalurgi FTTM ITB),
  • Alumni telah memberikan Jasa Pembangunan Perpustakaan dengan luas lantai 213 m2 yang didalamnya terdapat 2 ruang buku, 2 ruang baca dan ruang tunggu pada Gedung Labtek IV Utara, Prodi Teknik Pertambangan dan Teknik Metalurgi FTTM ITB,
  • Alumni yang bekerja di PGS (Petroprima GeoServis Nusantara) telah membantu Program Studi TG dengan melibatkan perusahaannya untuk memberikan donasi berupa Workstation, Server, UPS: 6 x Riello 60kVA, HDD LSDisk, rack (14 HDD), dll.
  • Alumni yang bekerja di Schlumberger WesternGeco telah membantu Program Studi TG dengan melibatkan perusahaannya untuk memberikan donasi berupa lisensi software OMEGA untuk prosesing data geofisika.
  • UPP Chevron telah membelikan peralatan geofisika yang digunakan untuk kegiatan lapangan, seperti seismic source, peralatan microseismic, gravity, dll.
  • Alumni yang bekerja di Halliburton telah membantu Prodi TM untuk mendapatkan lisensi software Promax.
  • Pemberian buku, jurnal, paper dll.

Keterlibatan dalam Kegiatan Akademik

  • Alumni memberikan kegiatan rutin setiap bulan berupa Guest Lecture, Sharing Alumni, Seminar keprofesian, Untuk para mahasiswa dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, baik yang berkaitan dengan bidang kebumian maupun di bidang lainnya (soft skills).
  • Alumni dilibatkan dalam setiap pertemuan awal semester untuk ikut memonitor hasil evaluasi akademik mahasiswa dan memberikan motivasi pada mahasiswa.
  • Alumni dilibatkan untuk sharing pengalaman pada mahasiswa fakultas yang akan memilih Program Studi.
  • Alumni menjadi pembimbing mahasiswa yang melakukan Tugas Akhir di Industri tempat alumni bekerja.
  • Program studi memberikan questionnaire pada alumni dan pada pengguna alumni baik secara langsung maupun melalui mail list sebagai bahan evaluasi diri terhadap lulusan yang dihasilkan oleh Prodi dan terhadap perbaikan kurikulum dan proses pembelajaran di Prodi.

Pengembangan Jejaring

Program studi bersama-sama alumni telah membangun jejaring melalui berbagai kegiatan pertemuan ilmiah yang selain ditujukan untuk ajang silaturahmi, juga ditujukan untuk kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Berbagai kerjasama telah melibatkan juga mahasiswa-mahasiswa yang sedang melakukan Tugas Akhir penelitian

 

Penyediaan Fasilitas untuk Kegiatan Akademik

Alumni menyediakan fasilitas untuk kegiatan ekskursi yang berkaitan dengan bidang keprofesian (kunjungan mahasiswa ke perusahaan atau institusi) dan menyediakan fasilitas untuk tugas akhir mahasiswa di perusahaan tempat alumni bekerja.

 

Layanan Email Alumni Institut Teknologi Bandung

Layanan Blogs ITB untuk Alumni Institut Teknologi Bandung