Laboratorium – Lingkungan Tambang

[:id][<< Back to Lab] [Description] [Activity] [Gallery]

Laboratorium Lingkungan Tambang merupakan salah satu laboratorium di bawah Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan yang mendukung aktivitas pendidikan dan penelitian di KK Teknik Pertambangan, Program Studi Teknik Pertambangan, Institut Teknologi Bandung. Laboratorium ini terdiri atas:

  1. Laboratorium Lingkungan Tambang (Lokasi: LABTEK IVA – Tambang Barat Lt.1)
  2. Laboratorium Ventilasi Tambang (Lokasi: LABTEK IVA – Tambang Timur Lt.1)

Laboratorium Lingkungan Tambang (Mining Environmental Laboratory)

Laboratorium Lingkungan Tambang merupakan laboratorium untuk praktikum penunjang pendidikan dan riset yang terkait dengan identifikasi potensi pencemaran lingkungan dan metode pencegahan dan penanganannya.

Dengan dikembangkannya program CoRE (Center of Research Excellence) sebagai pusat penelitian oleh FTTM-ITB, terdapat fasilitas tambahan berupa ruang Laboratorium di Gedung CoRE Lantai 8 (Center of Research Excellence – Mine Closure and Mine Environment). Terdapat penggunaan fasilitas bersama antara Laboratorium Lingkungan Tambang dan CoRE Mine Closure and Mine Environment. Diharapkan di masa yang akan datang, CoRE Mine Closure and Mine Environment dapat menjadi pusat penelitian lingkungan tambang tingkat nasional yang tidak hanya dapat digunakan oleh civitas academica ITB, melainkan pula oleh peneliti dari seluruh Indonesia

Laboratorium Ventilasi Tambang (Mine Ventilation Laboratory)

Laboratorium Lingkungan Tambang merupakan laboratorium untuk praktikum penunjang pendidikan dan riset yang terkait dengan identifikasi potensi pencemaran lingkungan di tambang bawah tanah beserta metode pencegahan dan penanganannya.

Terdapat penggunaan fasilitas bersama antara Laboratorium Ventilasi Tambang dengan Center of Research Excellence (CoRE) in Underground Mining and Mining Safety (UMMS). Center of Research Excellence (CoRE) in Underground Mining and Mining Safety (UMMS) merupakan salah satu wujud kontribusi ITB dalam menjawab permasalahan bangsa di bidang pertambangan. CoRE UMMS difokuskan untuk penelitian mengenai tambang bawah tanah (Underground Mining) dan K3 Tambang (Mining Safety). CoRE UMMS diharapkan menjadi pusat penelitian yang mempunyai peralatan serta akses kerjasama dengan pemerintah dan industri tambang yang baik, sehingga dapat dilakukan penelitian oleh tenaga peneliti di seluruh Indonesia yang pada akhirnya prinsip penambangan yang baik di Indonesia secara khusus dan di dunia secara umum dapat diterapkan.

[:]