Petunjuk penggunaan email client thunderbird untuk email FTTM ITB

Petunjuk penggunaan email client thunderbird untuk email FTTM ITB

 

Untuk dapat menggunakan layanan mail client thunderbird dengan akun email fttm itb atau email prodi menggunakan protokol IMAP silahkan untuk ikuti konfigurasi berikut

1.   Download mail client thunderbird yang terbaru pada website resmi thunderbird (Download Thunderbird).

2.   Install thunderbird dengan settingan standar dan ikuti instruksi instalasinya hingga proses instalasi selesai.

3.   Ceklis kotak “Launch Mozilla Thunderbird now” dan klik Finish untuk langsung membuka aplikasinya.

 

4.   Klik “Local Folders” yang berada disebelah kiri atas layar, kemudian klik “Email” pada area Set Up Another Account.

 

5.   Pada area Set Up email, isi kolom nama, alamat email dan password (isi dengan password email), kemudian hilangkan ceklis pada kotak “Remember password”, selanjutnya klik tombol “Configure manually…” yang ada di area kiri bawah.

 

6.   Pada bagian incoming pilih protocol IMAP, pada bagian server Diisi dengan mail.fttm.itb.ac.id jika menggunakan email @fttm.itb.ac.id sedangkan jika menggunakan email prodi seperi @gf.itb.ac.id , mining@itb.ac.id atau email prodi lainnya dapat mengisi server dengan mail.gf.itb.ac.id atau mail.mining.itb.ac.id (disesuaikan dengan email yang digunakan). Untuk bagian outgoing server Diisi dengan smtp.itb.ac.id. Port Incoming pilih 993 sedangkan port outgoing pilih 465, lanjut ke bagian username pada bagian incoming Diisi dengan alamat email sedangkan pada bagian outgoing Diisi dengan username AI3/akun INA/username SSO.

 

7.   Klik tombol Re-test dibagian bawah untuk melihat apakah konfigurasi sudah benar atau belum, biasanya akan muncul info gagal dipengetesan pertama, klik Re-test kembali tanpa perlu mengubah settingan apapun. jika berhasil akan muncul tanda ceklis berwarna hijau, kemudian klik tombol Done.

 

8.   Sampai tahap ini thunderbird sudah berhasil untuk mengambil email dari server, cek inbox untuk memastikan email sudah masuk.

9.   Untuk mengirim email klik Write yang ada di menu atas, kemudian isi alamat email tujuan, subject dan isi emailnya.

 

10.   Agar thunderbird dapat melakukan pengiriman email maka pada saat pengiriman email pertama kali akan muncul popup smtp yang menanyakan password, pada bagian ini isikan password AI3/INA/SSO, bukan password email.

 

11.   sampai di tahap ini thunderbird sudah siap digunakan, baik itu menerima email atau mengirim email.

 

 

jika mengalami kenda dalam proses konfigurasi email silahkan untuk menghubungi tim IT di prodi atau tim IT Fakultas.