Center of Research Excellence (CoRE)

Penelitian Kerja Sama & Publikasi / Center of Excellence
Center of Research Excellence (CoRE)

Center of Research Excellence (CoRE) in Underground Mining and Mining Safety (UMMS) merupakan salah satu wujud kontribusi ITB dalam menjawab permasalahan bangsa di bidang pertambangan. CoRE UMMS difokuskan untuk penelitian mengenai tambang bawah tanah (Underground Mining) dan K3 Tambang (Mining Safety). CoRE UMMS diharapkan menjadi pusat penelitian yang mempunyai peralatan serta akses kerjasama dengan pemerintah dan industri tambang yang baik, sehingga dapat dilakukan penelitian oleh tenaga peneliti di seluruh Indonesia yang pada akhirnya prinsip penambangan yang baik di Indonesia secara khusus dan di dunia secara umum dapat diterapkan. CoRE UMMS terdiri dari beberapa fokus penelitian yang terkait dengan kegiatan tambang bawah tanah dan K3 tambang. Adapun fokus penelitian tersebut adalah :

 

  • Underground Mine Planning : Penelitian dan pengkajian tentang proses dan perencanaan untuk kegiatan penambangan metode tambang bawah tanah.
  • Underground Mine Operation : Penelitian dan pengkajian aspek-aspek dalam kegiatan operasi tambang bawah tanah.
  • Mine Safety Studio : Praktek dan simulasi terkait prinsip – prinsip K3 dalam pertambangan.
  • Heat Transfer, Gas and Dust Diffusion and Dispersion : Penelitian dan pengkajian proses perpindahan panas dan perpindahan gas dan debu tambang bawah tanah.
  • Coal Spontaneous Combustion Analysis : Penelitian dan pengkajian sifat swabakar batubara.
  • Underground Mine Fire and Explosion Analysis : Penelitian dan pengkajian faktor-faktor yang menyebabkan dan mempengaruhi peristiwa kebakaran tambang dan ledakan tambang, untuk keperluan pencegahan dan penanganan bahaya tersebut.
  • Subsurface and Underground Mine Ventilation : Penelitian dan pengkajian proses dan perencanaan sistem ventilasi pada bukaan bawah tanah (misalnya: terowongan transportasi, fasilitas bawah tanah, maupun penambangan bawah tanah).

 

Fasilitas yang terdapat pada CoRE UMMS adalah :

 

  • Ruang Belajar : Ruangan ini digunakan untuk kegiatan belajar, diskusi, pelatihan dan lain – lain. Dalam ruangan tersebut terdapat fasilitas: dua belas unit meja belajar, papan tulis dan satu set komputer.
  • Ruang Pengujian : Ruangan ini digunakan melakukan berbagai pengujian dengan skala laboratorium. Ruangan ini disekat pada masing – masing tempat pengujian.
  • Peralatan Uji : Peralatan uji yang ada pada CoRE UMMS antara lain adalah: Peralatan pengujian swabakar pada batubara, Peralatan pengujian distribusi gas pada terowongan, Peralatan ukur terkait dengan debit dan tekanan udara, Peralatan ukur terkait dengan temperatur dan kelembaban udara, Komputer untuk permodelan yang dilengkapi dengan perangkat lunak ventilasi tambang

 

Adapun kegiatan – kegiatan yang dilakukan di CoRE UMMS adalah :

 

  • Percobaan dan pengujian skala laboratorium untuk tugas akhir mahasiswa S1
  • Seminar dan pelatihan untuk mahasiswa, khususnya yang terkait dengan masalah underground mining dan mining safety