Posted April 21, 2012 by admin in Berita

Berita Duka

FTTM berduka, Sabtu 21 April 2012 langit mendung di kota Bandung seolah-olah ikut sedih dengan meninggalnya guru besar FTTM, Prof. Widjajono Partowidagdo. Guru Besar di bidang Ekonomi dan Pengelolaan Lapangan Migas ini merupakan dosen Manajemen dan Analisis Ekonomi Proyek Migas dan Pengelolaan Energi, Sumber Daya Mineral, dan Lingkungan pada Program Studi Teknik Perminyakan ITB.

Pria kelahiran Magelang 16 September 1951 ini meraih gelar sarjana teknik dari Program Studi Teknik Perminyakan ITB pada 1975. Kemudian ia memperoleh gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Petroleum Engineering (1980), dilanjutkan M.Sc dalam bidang Operation Research (1982), dan MA dalam bidang Economics (1986) dengan judul tesis “An Energy Economy Model for Indonesia” dari University of Southern California (USC). Gelar Ph.D ia dapatkan dari universitas yang sama pada 1987 setelah merampungkan desertasi berjudul ”An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia”.

Selama berkarir di ITB, Prof. Widjajono Partowidagdo pernah menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Studi Pembangunan ITB (1993-2004), Ketua Kelompok Keahlian Pemboran, Produksi dan Manajemen Migas Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (kini dipecah menjadi FTTM dan FITB) (2005-2007), dan Sekretaris Komisi Permasalahan Bangsa, Majelis Guru Besar Institut Teknologi Bandung.


admin